Cari

Kamis, 10 Maret 2016

Konsep Dasar Teknologi Informasi & Multimedia



A.     Pengertian Multimedia
Multimedia  merupakan gabungan dari kata Multi dan Media dimana kata Multi berarti banyak atau gabungan dari beberapa unsur sedangkan Media berarti suatu alat bekomunikasi , sehingga dapat di definisikan Multimedia adalah gabungan dari beberapa unsur yaitu teks, grafik, suara, video dan animasi yang menghasilkan presentasi yang menakjubkan. Multimedia juga mempunyai komunikasi interaktif yang tinggi. Bagi pengguna komputer multimedia dapat diartikan sebagai informasi komputer yang dapat disajikan melalui audio atau video, teks, grafik dan animasi.
BEBERAPA DEFINISI DARI AHLI
1.       Rosch, 1996 : Multimedia adalah Kombinasi dari komputer dan video
2.       McComick, 1996 : Multimedia adalah Kombinasi dari tiga elemen: suara, gambar, dan teks
3.       Turban dan kawan-kawan, 2002 : Multimedia adalah Kombinasi dari paling sedikit dua media input atau output. Media ini dapat berupa audio (suara, musik), animasi, video, teks, grafik dan gambar
4.       Robin dan Linda, 2001 : Multimedia adalah Alat yang dapat menciptakan presentasi yang dinamis dan interaktif yang mengkombinasikan teks, grafik, animasi, audio dan video
5.       Steinmetz (1995, p2) : Multimedia adalah gabungan dari seminimalnya sebuah media diskrit dan sebuah media kontinu. Media diskrit adalah sebuah media dimana validitas datanya tidak tergantung dari kondisi waktu, termasuk didalamnya teks dan grafik. Sedangkan yang dimaksud dengan media kontinu adalah sebuah media dimana validitas datanya tergantung dari kondisi waktu, termasuk di dalamnya suara dan video.
B.      Konsep Multimedia
Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, multimedia berasal dari bahasa latin yang multi berarti ‘’numerous’’ dan media berarti ‘’plural’’, jadi multimedia adalah terdiri dari Multi yang berarti Banyak dan Media berarti alat untuk menyampaikan. Multimedia sendiri diartikan sebagai suatu teknologi yang menggabungkan berbagai sumber media seperti kombinasi dari teks, gambar, suara, animasi dan video. Bila dalam suatu aplikasi multimedia pemakai / pengguna multimedia diberikan suatu kemampuan untuk mengontrol elemen-elemen yang ada, multimedia tersebut disebut dengan Interactive Multimedia. Dan apabila dalam aplikasi multimedia tersebut disediakan struktur dari elemen terhubung yang dapat dikendalikan oleh pemakai / pengguna, maka Interactive Multimedia tersebut menjadi Hypermedia. Meskipun definisi multimedia dapat dimengerti dengan mudah, proses pembuatannya bisa menjadi amat kompleks. Dalam membuat aplikasi multimedia tidak hanya dituntut untuk mengerti dan menguasai elemen-elemen multimedia, tapi juga harus memiliki kemampuan untuk menggunakan komputer multimedia dan teknologinya. Mereka yang membentuk dan merancang suatu aplikasi multimedia disebut Multimedia Developer.
Elemen-elemen dari multimedia biasanya digabung menjadi satu menggunakan Authoring Tools. Perangkat ini memiliki kemampuan untuk mengedit teks dan gambar, juga dilengkapi dengan kemampuan berinteraksi dengan Video Disc Player (VCD), Video Tape Player dan alat-alat lain yang berhubungan dengan project. Suara atau video yang telah diedit akan dimasukkan ke dalam Authoring System untuk dimainkan kembali. Jumlah bagian yang dimainkan ulang dan dipresentasikan disebut Human Interface. Sedangkan perangkat keras dan perangkat lunak yang menentukan apa yang akan terjadi dalam suatu project disebut Multimedia Platform atau Environment.
C.      Pemanfaatan Multimedia Dalam Dunia Pendidikan
Barangkali dunia pendidikan adalah dunia yang paling membutuhkan teknologi ini. Sistem pendidikan CBSA (Cara Belajar Siswa Aktif) mungkin akan mencapai sasarannya dengan menggunakan teknologi ini. Para siswa dapat langsung melihat dan mendengar tentang hal-hal yang dipelajarinya. Sebagai contoh, seorang siswa membuka aplikasi multimedia sejarah. Dalam aplikasi tersebut siswa dapat memilih periode dan subjek yang akan dipelajari, kemudian dilayar tampilan akan hadir teks subjek disertai gambar, suara bahkan gambar hidup dari subjek yang dipelajari. Perhatian siswa akan lebih terpusat dan rasa ingin tahunya akan lebih terpancing untuk mempelajari hal-hal lain karena merasa tertarik akan media penyajiannya.
Berikut ini adalah kelebihan-kelebihan yang dimiliki teknologi multimedia untuk menjadi alat bantu pilihan bagi kegiatan belajar-mengajar:
a)      Multimedia membuat pelajar mengerti isi pelajaran
b)      Multimedia membuat siswa mengingat dengan mudah tentang isi pelajaran
c)      Multimedia menyampaikan isi pelajaran dengan canggih dan berkesan
d)     Multimedia mampu menjadi sumber pengetahuan
e)      Multimedia mampu mencari hubungan antara satu ilmu dengan ilmu lain
f)       Multimedia mampu menunjukkan dunia sekitar yang kaya dengan ilmu pengetahuan
g)      Multimedia kaya dengan berbagai aktivitas pembelajaran
h)      Multimedia mampu menghibur selama proses pembelajaran
i)        Multimedia membuat terjadinya interakti antara siswa dengan teknologi terkini
j)        Multimedia memberi peluang kepada guru untuk mengubah kaidah pengajaran
k)      Multimedia membuat proses belajar dan mengajar menjadi lebih menyenangkan
l)        Multimedia memudahkan pembelajaran yang berpusatkan pada siswa karena siswa diberi kebebasan memilih bahan pembelajaran sendiri dan belajar pada kadar yang sesuai dengan diri sendiri
m)    Multimedia mengajari setiap siswa dengan gaya pembelajaran yang berbeda
n)      Multimedia menggalakkan pembelajaran kooperatif dan interaktif di antara siswa melalui diskusi
o)      Multimedia memudahkan pembelajaran yang berasaskan konstruktivisme.
p)      Multimedia memudahkan siswa mempunyai kebebasan belajar sendiri tanpa dipengaruhi oleh pihak-pihak lain.
q)      Siswa dapat memilih bahan pembelajaran sendiri dan belajar dengan kadar yang sesuai dengan minat dan kehendak sendiri.
D.     Multimedia Dalam Penggunaan Umum
Hotel, stasiun, pusat perbelanjaan, museum dan tempat tujuan wisata akan menjadi sasaran utama dalam lingkup ini. Stand alone terminal dan kios akan tersedia ditempat-tempat tersebut guna memberikan informasi. Instalasi alat seperti ini akan mengurangi penggunaan informasi tradisional dan personilnya. Alat ini dapat bekerja sepanjang waktu, bahkan saat tengah malam, dimana tenaga konvensional tidak tersedia.
Kios disebuah pusat perbelanjaan dapat memberikan informasi tentang keadaan pusat perbelanjaan tersebut mulai dari denah lantai, jenis toko sampai penawaran diskon ditoko tersebut. Sebuah kios disebuah hotel dapat memberikan data restoran terdekat berikut foto dan suara penyanyinya, peta kota, jadwal transportasi dan tempat wisata. Pemasangan printer biasanya disertakan agar pemakai dapat membawa informasi tertulis. Kios dibandara dapat memberikan jadwal kegiatan bandara, daftar hotel dan apabila telah tersambung dengan sistem jaringan terpadu dapat memberikan pelayanan pemesanan tiket pesawat dan kamar hotel.


A.     Internet Based
Beberapa pengertian internet :
1.  Internet adalah sumber daya informasi yang menjangkau seluruh dunia di mana antara satu computer dengan computer lain di dunia dapat saling berhubungan atau berkomunikasi.
2.  Internet adalah kumpulan computer yang terhubung yang satu dengan yang lain dalam sebuah jaringan yang sangat luas. Secara fisik disebut sebagai jarring laba-laba (The Web) yang menyelimuti bola dunia dan terdiri atas titik-titik (node) yang saling berhubungan. Noda bisa berupa computer, jaringan lokal atau peralatan komunikasi, sedangkan garis penghubung antar simpul disebut sebagai tulang punggung (backbone) yaitu media komunikasi terrestrial (kabel, serat optic, microwave, radio link) maupun satelit. Node terdiri atas pusat informasi dan database, peralatan computer dan perangkat interkoneksi jaringan serta peralatan yang dipakai pengguna untuk mencari, menempatkan dan atau bertukar informasi di internet.
Dibawah Ini Merupakan 7 Dasar Internet
1.  ISP
Untuk mendapatkan koneksi internet Anda harus mendaftarkan diri ke sebuah Internet Service Provider (ISP) atau biasa disebut Penyedia Jasa Internet.
Saat ini sangat banyak pilihan ISP tersedia di pasar. Jika pada waktu lalu hanya ada Telkomnet Instant, sekarang operator seluler pun ikut menyediakan jasa layanan internet. Untuk memilih ISP terbaik, carilah informasi sebanyak-banyaknya tentang ISP tersebut. Bisa dari internet, koran, atau apapun. Cari info tentang apa saja yang ditawarkan, bagaimana layanannya, jenis koneksi yang ditawarkan, kecepatan aksesnya, problem apa saja yang sering terjadi, dll.
2.  Web Browser
Setelah berlangganan internet, berikutnya yang harus Anda miliki adalah web browser. Ini ‘alat’ wajib untuk menjelajahi internet.
Ada banyak web browser yang tersedia. Yang paling populer adalah Firefox, Chrome, dan Internet Explorer (IE). Jika Anda memilih Internet Explorer, Anda tidak perlu menginstall. IE merupakan aplikasi bawaan Windows. Namun jika Anda memilih Firefox dan Chrome, Anda harus mendownload master installer-nya dulu, kemudian lakukan instalasi. Semua web browser memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Untuk memilih web browser terbaik, sesuaikan saja dengan kebutuhan Anda.
3.   Website
Sebaiknya Anda memahami beberapa hal dasar tentang website. Anda harus tau apa itu web address, komponen-komponen halaman web, hingga cara melakukan pendaftaran di berbagai website.
4.   Search Engine
Mesin Pencari (Search Engine) adalah hal yang penting di internet. Dengan SE Anda dapat mencari berbagai hal di internet mulai dari hal-hal yang tidak penting sama sekali hingga hal-hal penting. Ketika Anda sudah mahir menjelajah internet, percayalah, Anda pasti akan sangat sering menggunakan SE.
Di internet sendiri ada beberapa layanan SE. Yang terbesar dan terpopuler adalah Google. Dua lainnya yang terbesar setelah Google adalah Yahoo dan Bing (dulu bernama MSN).
5.   Bersosialisasi
Menurut saya, ini adalah salah satu hal yang paling mengasikkan dari belajar internet. Selain mencari informasi, Anda juga dapat bersosialisasi dengan orang yang sudah Anda kenal maupun yang belum Anda kenal.
Ada berbagai cara untuk bersosialisasi di internet. Misalnya, Anda dapat menggunakan jejaring sosial seperti Facebook untuk menjalin pertemanan dengan orang baru ataupun menjaga pertemanan yang sudah ada.
6.  Berbagi file
Di internet orang dapat saling berbagi file. Entah itu file resmi ataupun file yang illegal, semuanya ada. Untuk berbagi file, Anda dapat melakukan upload. Nantinya file hasil upload ini dapat dimiliki orang lain dengan caramendownloadnya.
7.  Keamanan dan Privasi
Belajar internet tidak hanya belajar cara menggunakan internet saja. Anda juga harus belajar tentang keamanan di internet.

Referensi :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar